About Us

Sejarah Islamic Center Imam Ibnu Hajar

Segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam, yang telah menunjukkan kita kepada cahaya Islam dan barangsiapa yang diberi Allah petunjuk maka tidak ada yang mampu menyesatkannya, dan barangsiapa yang disesatkan Allah maka tidak ada yang mampu menunjukinya. Kita memohon kepada Allah agar senantiasa ditetapkan diatas petunjuk-Nya hingga akhir hayat, sebagaimana firman Allah:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam.”
(QS.Ali Imran 102)

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, sesungguhnya Engkau adalah maha pemberi (karunia)”.
(QS.Ali Imran :7)

Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada pendidik terbaik, dan teladan mulia, nabi Muhammad dan keluarganya, para sahabatnya dan para pengikut sunnahnya dengan baik hingga akhir zaman. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian dan perkembangan peradaban manusia, agar manusia terbebas dari kebodohan, kegelapan dan kesesatan. Allah mengutus Rasulullah untuk mendidik manusia menjadi makhluk yang berakhlak mulia dan terlepas dari kesesatan. Sebagaimana firman Allah:

كَمَآ أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِّنكُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْكُمْ ءَايَٰتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُم مَّا لَمْ تَكُونُوا۟ تَعْلَمُونَ
“Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab dan Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”.
(QS.Al Baqarah:151)

Rasululah berhasil mendidik para sahabat menjadi generasi terbaik di sepanjang sejarah, generasi pemberani, tangguh, dermawan, cerdik, cerdas, mahir, berakhlak mulia, disiplin dan zuhud, maka tak heran kalau Muawiyyah mengatakan: “Aku tidak pernah melihat seorang pendidik sebelum dan sesudahnya lebih baik darinya”. Bertolak belakang antara pendidikan di zaman Rasulullah, dengan pendidikan di zaman sekarang khususnya di negeri yang kita cintai ini, “Indonesia”, dunia pendidikannya mengalamii berbagai masalah, para pelajar kita banyak melakukan berbagai perilaku yang bertentangan dengan agama dan moralitas, tak jarang kita saksikan tawuran antar pelajar terjadi dimana-mana, pergaulan bebas menjadi hal yang biasa, minuman keras dan narkoba tidak pandang usia, pelecehan moral dan agama tanpa ada rasa malu.

Keadaan ini diperparah dengan derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi khususnya di bidang informasi makin mentahbiskan pendidikan di Indonesia semakin sulit untuk menghasilkan generasi-generasi yang tidak hanya pintar masalah dunia namun juga bermoral dan berakhlak. Hal inilah yang melatar belakangi Yayasan Dakwah Islam Cahaya Ilmu yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan penyuluhan agama mendirikan ISLAMIC CENTER IMAM IBNU HAJAR sebagai pusat pendidikan untuk generasi muslim yang berkedudukan di Cipayung Jakarta Timur, dalam rangka membantu program pemerintah untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, yaitu Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dan dengan mengacu pada tiga pilar pendidikan yang dicontohkan Rasulullah : keteladanan, ta’lim (pengajaran) dan Islah (perbaikan) serta untuk merealisasikan tiga unsur pendidikan: Kognitif (ilmu pengetahuan), Afektif (sikap) dan psikomotorik (ketrampilan) maka Islamic Center Imam Ibnu Hajar dengan memohon pertolongan Allah bertekad untuk mewujudkan generasi-generasi muslim yang ber-pengetahuan, bermoral dan memiliki ketrampilan.

Tujuan Didirikanya Islamic Center Imam Ibnu Hajar

1. Tersebarnya dakwah Islam Ahlus Sunah Wal Jamaah menurut pemahaman Saslafus Shaleh ke seluruh lapisan masyarakat.

2. Terbentuknya Masyarakat Islam yang kuat dalam berilmu dan beramal sesuai Al Qur’an dan As Sunnah.

3. Membangun pusat pendidikan (SMP, SMA, Perguruan Tinggi) untuk generasi-generasi muslim di JABODETABEK dan sekitarnya dengan membekali ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

4. Sebagai pusat kegiatan ilmiah remaja muslim.

5. Sebagai pusat kajian dan dakwah Islam di kawasan JABODETABEK.