KBTK

PROFIL

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Ibnu Hajar terdiri dari baby house (0-1 tahun), toddler (1-3 tahun), kelompok bermain (3-4 tahun), TK A (4-5 tahun), dan TK B (5-6 tahun). KB-TK ini telah beroperasi sejak tahun 2013 dan kini memiliki sekitar 70 peserta didik. Kegiatan rutin harian mereka yang terutama adalah menghafal ayat-ayat pendek, hadits dan doa-doa. Yang istimewa dari KB TK Ibnu Hajar adalah penerapan metode sentra dan pengajaran baca Al-Qur`an dengan metode Ummi. Semua metode pengajaran ini dibalut dalam kerangka manhaj salafus shalih. Model pembelajaran sentra adalah pendekatan pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya dilakukan di dalam “lingkaran” (circle times) dan sentra bermain.

Lingkaran adalah saat di mana pendidik duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan kepada anak yang dilakukan sebelum dan sesudah bermain. Metode sentra yang diterapkan di KB TK Ibnu Hajar adalah sentra bahan alam, sentra peran, sentra persiapan, sentra iman taqwa dan sentra keterampilan. Sentra bahan alam adalah sentra yang memberikan anak kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan bermacam bahan yang mendukung sensori motor, kendali diri dan sains. Sentra peran adalah sentra bermain peran (role play) yang memberi kesempatan anak untuk berimajinasi dan berfantasi dalam kerangka kendali diri sesuai peran, fokus dan kedisiplinan.

Sentra persiapan adalah sentra tempat bekerja yang memberi anak kesempatan untuk mengembangkan kognisi, motorik halus, dan keaksaraannya yang diorganisasikan oleh guru dan berfokus pada kegiatan-kegiatan matematika, membaca dan menulis. Sentra iman taqwa adalah sentra yang berisikan pembelajaran nilai-nilaidan aturan agama sehingga anak-anak bisa mengembangkan keimanan dan ketaqwaan melalui pembiasaan sehari-hari kegiatan main anak. Sentra keterampilan adalah sentra yang memberi kesempatan anak menggunakan dan berinteraksi dengan alat dan bahan keterampilan seperti lem, gunting, krayon, cat, clay dan playdough.

Ka. KBTK

Yudi Hardi Santoso, S.S

Cerdas, Ceria dan Bermanhaj Salaf

  • Menyelenggarakan pendidikan Islam yang menekankan pada penanaman aqidah, ibadah, akhlak dan muamalah berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah sesuai dengan tahap perkembangan anak.
  • Menerapkan metode SENTRA berasaskan manhaj salaf dengan pembelajaran yang menyenangkan.
  • Menjadi acuan bagi lembaga KB-TK lain dengan metode SENTRA berasaskan manhaj salaf
  1. Metode Sentra Berbasis Sentra
  2. Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode UMMI
  3. Market Day
  4. Ibnu Hajar Fair
  5. Class Outing
  6. Manasik Haji
  7. Parenting
  8. Home Visit
  9. Makanan Sehat
  10. Program Pemereiksaan Kesehatan
  11. Shalat Dhuha & Zuhur Berjama’ah
  1. Hafalan Juz Amma
  2. Do’a & Hadist
  3. Baca & Tulis Al-Qur’an
  4. Aqidah & Akhlak
  5. Sejarah Nabi Muhammad ﷺ
  6. Mufradat Bahasa Arab
  7. Vocabulary Bahasa Inggris
  8. Baca Aksara Latin
  9. Calistung
  • Gedung milik sendiri
  • APE (Alat Peraga Edukatif) yang aman berstandar
  • Ruangan ber-AC
  • Pelayanan UKS (Unit Kesehatan Sekolah)
  • Perpustakaan
  • Musolah
  • Outdoor playground

"Jika Kau Tak Tahan Penatnya Belajar,
Maka Kau Harus Menanggung Perihnya Kebodohan"
-Imam Asy Syafi'i-