SD

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, Untuk membangun pribadi anak menjadi shalih tidaklah mudah. Dibutuhkan usaha keras dan waktu yang cukup lama. Apalagi di zaman yang penuh fitnah ini, banyak tantangan dan hambatan untuk membangun anak-anak menjadi pribadi-pribadi yang diidam-idamkan tersebut. Oleh sebab itu, SD Islam Ibnu hajar sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di tingkat dasar ikut berperan serta dalam mencetak generasi Islam yang memiliki kesalehan.

SD Islam Ibnu Hajar mengkolaborasikan kurikulum Diknas dengan kurikulum pendidikan Islam yang sesuai dengan pemahaman salafus shalih guna mewujudkan sekolah dasar Islam unggulan. Pada tahun pelajaran 2016-2017 lalu SDI Ibnu Hajar telah meluluskan angkatan pertamanya dan, pada bulan Agustus 2017 akan menjalani akreditasi.

Insya Allah kami akan terus mengembangkan potensi dan kapabilitas yang ada pada seluruh warga sekolah. Pelatihan peningkatan mutu guru dan penerapan metode-metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pembentukan karakter dan kecerdasan terus kami majukan.

Termasuk di antaranya pembelajaran inovatif metode Sentra dan pengajaran membaca tartil Al-Qur’an dengan metode Ummi. Tentang metode Ummi ini kami telah menjalin kerja sama dengan Ummi Foundation Surabaya dan telah memiliki enam orang guru tersertifikasi. Meski menerapkan kurikulum Diknas, Sentra, dan metode Ummi, pembelajaran tahfizh Al-Qur`an juga kami galakkan.

Mulai tahun ini lulusan SDI Ibnu Hajar ditargetkan memiliki hafalan minimal 3 juz. Untuk mengembangkan bakat dan minat anak yang beragam, kami juga menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler seperti komputer, taekwondo, panahan, futsal, fun cooking, English Club, robotik dan badminton.

Ka. SDI Ibnu Hajar

Yudi Hardi Santoso, S.S

Terwujudnya generasi islam bermanhaj assalafus sholih yang berakhlak mulia, cerdas dan terampil.

  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh Ta’ala
  • Mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia dan mampu menghapal Al-qur’an dan Hadist
  • Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan islami
  • Mendorong pencapaian prestasi intra kurikuler dan ekstra kurikuler
  • Menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa sesuai dengan kompetensinya agar memiliki kecapakan hidup
  • Membina hubungan kerja sama dengan lembaga lain dalam meningkatkan mutu pendidikan
  1. Tahfizh AL-Qur’an 3 Juz
  2. Metode Sentra Berbasis Sunnah
  3. Pembelajaran Baca Al-Quran dengan Metode UMMI
  4. Market Day
  5. Ibnu Hajar Fair
  6. Class Outing
  7. Manasik Haji
  8. Parenting
  9. Home Visit
  10. Field Trip
  11. Program Pemeriksaan Kesehatan
  12. Pembiasaan Sholat Zuhur Berjama’ah
  13. Perkemahan Jumat Sabtu
  14. Bahasa Inggris Dasar
  15. Bahasa Arab Dasar

Kurikulum yang diterapkan di SDI Ibnu Hajar terdiri dari

  1. Kurikulum KTSP, kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).
  2. Kurikulum Kurtilas, Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
  3. Kurikulum diniyah SDI Ibnu Hajar terdiri dari Aqidah, Fiqih, Akhlaq, B. Arab, Sirah, Tahfidz (Min 3 Juzz) dan pembelajaran baca Al-Qur’an metode UMMI Berlandaskan manhaj ahlussunnah wal jamaah.
  1. Gedung milik sendiri
  2. Semua ruang Ber-AC
  3. Internet akses
  4. Perpustakaan
  5. Laboratorium
  6. Bimbingan Konseling
  7. Lapangan