SMA Putri

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

                                SEKILAS MENGENAI SMP DAN SMA PUTRI DEPOK

Seiring semakin semaraknya dakwah sunnah di negeri ini, yang tentunya tidak lepas dari rahmat dan karunia Allah subhanahu wa ta’ala kemudian keikhlasasan dan kesungguhan asatidzah dalam mendakwahkan sunnah di tengah-tengah masyarakat perkotaan dan pedesaan. Maka, masyarakat pun semakin banyak yang mengenal sunnah dan berusaha untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Orang tua yang punya anak usia sekolah pun, semakin menyadari betapa pentingnya kehadiran lembaga pendidikan yang di dalamnya diajarkan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Kehadiran IHBS merupakan jawaban terhadap keinginan orang tua yang mulai menyadari pentingnya lembaga pendidikan yang berusaha mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Bahkan IHBS hadir, untuk memberikan alternatif kepada orang tua yang menginginkan lembaga pendidikan unggul, kompetitif dan berkualitas yang berpemahaman salaful ummah. Lembaga pendidikan IHBS ini, dikemas dalam satu model yang bernama SUBA (Sekolah Umum Berbasis Agama).

SMP Ibnu Hajar Boarding School di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur adalah sekolah yang pertama dibuka, yaitu pada tahun pelajaran 2010/2011, kemudian SD Islam Ibnu Hajar tahun pelajaran 2011/2012, kemudian tahun pelajaran 2013/2014 dibuka dua level sekolah/pendidikan yaitu TK Islam Ibnu Hajar dan SMA Ibnu Hajar Boarding School yang hanya khusus untuk putra, di Kota Depok.

Memasuki tahun pelajaran 2017/2018, insya Allah dibuka kembali untuk level sekolah yaitu SMP Ibnu Hajar Boarding School Putri dan SMA Ibnu Hajar Boarding School Putri yang dua-duanya lokasinya di Kota Depok. Untuk tahun pertama ini, baik SMP Ibnu Hajar Boarding School Putri maupun SMA Ibnu Hajar Boarding School Putri, masing-masing hanya menerima satu kelas/rombel, yang masing-masing kelas hanya 38 siswi, walau pun animo masyarakat  untuk menyekolahkan putrinya di SMP Ibnu Hajar Boarding School Putri dan SMA Ibnu Hajar Boarding School Putri sangat tinggi, terbukti dengan jumlah pendaftar yang ikut tes dua kali lipat dari kuoata yang ada.

Kurikulum yang diterapkan di SMP Ibnu Hajar Boarding School Putri dan SMA Ibnu Hajar Boarding School Putri, sama seperti yang diterapkan di putra. Hanya di putri ada penambahan pelajaran dan kegiatan tarbiyah niswiyyah seperti: tata boga, tata busana, dan tata graha, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang khusus berhubungan dengan kewanitaan. Hal ini, tujuannya sebagai tambahan bahwa alumni SMP Ibnu Hajar Boarding School Putri dan SMA Ibnu Hajar Boarding School Putri, di samping mampu melanjutkan kejenjang pendidikan formal untuk jenjang berikutnya tapi juga mampu berperan sebagai ibu rumah tangga yang terampil dalam masalah yang secara umum dikerjakan oleh wanita, seperti memasak, menjahit, mengatur tata letak perabotan di rumah.

Ka. SMA IHBS Putri

Nana Sumarna, S.Ag

Terwujudnya generasi Islam bermanhaj Assalafus Shalih  yang bertakwa, cerdas, kreatif dan inovatif.

  1. Menanamkan aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah berdasarkan al Qur’an dan as-Sunnah menurut pemahaman salafus shalih.
  2. Menyelenggarakan program tahfidz al Quran.
  3. Menyelenggarakan pengajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris secara intensif.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang berbasis sains dan ICT (information, communication, and technology).
  5. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan bakat dan minat peserta didik.
  6. Mengembangkan minat dan bakat siswa sesuai dengan potensinya supaya memiliki kecakapan hidup
  1. Memiliki kekuatan aqidah yang shahih, ibadah yang benar dan memiliki akhlaqul karimah berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah sesuai pemahaman salafus shalih.
  2. Memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an 5 – 10 Juz.
  3. Menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris secara aktif serta mengaplikasikannya dalam komunikasi
  4. Mampu membaca kitab berbahasa Arab.
  5. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
  6. Menguasai bidang keterampilan dalam bidang keputrian (tata boga dan tata busana)
  7. Dapat melanjutkan ke universitas pavorit baik dalam maupun luar negeri (untuk SMA)
  1. Panahan
  2. Disain Grafis
  3. Herbal
  4. Handicraft (Kerajinan Tangan)
  1. Tataboga
  2. Tatabusana
  3. Tatagraha